NBA - Los Angeles Lakers

klik ini

Berita Terbaru

Minggu, 04 Desember 2011

Fungsi Sistem Operasi


Jika sistem komputer terbagi dalam lapisan-lapisan, maka sistem operasi adalah penghubung antara lapisan hardware dan lapisan software. Lebih jauh daripada itu, sistem operasi melakukan semua tugas-tugas penting dalam komputer dan menjamin aplikasi-aplikasi yang berbeda dapat berjalan secara bersamaan dengan lancar. Sistem operasi menjamin aplikasi software lainnya dapat menggunakan memori, melakukan input dan output terhadap peralatan lain, dan memiliki akses kepada sistem file. Apabila beberapa aplikasi berjalan secara bersamaan, maka sistem operasi mengatur jadwal yang tepat, sehingga sedapat mungkin semua proses yang berjalan mendapatkan waktu yang cukup untuk menggunakan prosesor (CPU) serta tidak saling mengganggu.
Selain fungsi tersebut di atas, sistem operasi mempunyai tiga fungsi utama, yaitu manajemen proses, manajemen sumber daya, dan manajemen data.
a. Manajemen proses mencakup penyiapan, penjadwalan, dan pemantauan proses pada komputer. Proses adalah program yang sedang dijalankan.
b. Manajemen sumber daya berkaitan dengan pengendalian terhadap pema- kaian sumber daya dalam sistem komputer yang dilakukan oleh perangkat lunak sistem maupun perangkat lunak aplikasi yang sedang dijalankan pada komputer. Pengertian dari sumber daya adalah komponen perangkat keras dalam komputer seperti CPU, memori utama, dan piranti masukan/ keluaran.
c. Manajemen data berupa pengendalian terhadap data masukan/keluaran, termasuk dalam hal pengalokasian dalam piranti penyimpanan sekunder maupun dalam memori utama. (Abdul Kadir, 2003)
Sistem operasi juga mempunyai saran untuk mengelola keamanan. Ciri sistem operasi yang mempunyai fasilitas manajemen keamanan adalah mengharuskan pemakai memasukkan nama pemakaian password (kata rahasia) sebelum mengakses komputer.
Dalam banyak kasus, sistem operasi menyediakan suatu pustaka dari fungsi-fungsi standar, di mana aplikasi lain dapat memanggil fungsi-fungsi itu sehingga dalam setiap pembuatan program baru tidak perlu membuat fungsi- fungsi tersebut dari awal.
Bagian-bagian sistem operasi secara umum adalah sebagai berikut.
a. Mekanisme Boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memori.
b. Kernel, yaitu inti dari sebuah sistem operasi.
c. Command Interpreter atau Shell, yang bertugas membaca input dari penguna




Sumber: http://id.shvoong.com/internet-and-technologies/software/2235847-fungsi-sistem-operasi/#ixzz1fe1yLaJW

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Terima kasih